Tuesday, February 21, 2012

Pentingnya Pengawas Kolam Renang (Life Guard)


Lifeguard adalah suatu profesi dalam bentuk keterampilan khusus sebagai pertolongan terhadap kecelakan yang terjadi selama di air (kolam renang).
telah diberikan perhatian khusus kepada profesi lifeguard karena mampu menampilkan keterampilannya secara baik yang memungkinkan menjadi sebuah profesi. Mengantisipasi keadaan bahaya dalam aktivitas renang merupakan tindakan preventif yang perlu disiapkan oleh pihak Management waterpark yang akan melakukan aktivitas atau operasional kolam renang (waterpark). Tindakan pencegahan dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan risiko yang lebih parah yaitu kematian. Beberapa kasus menggambarkan kejadian tenggelam akibat pengawasan yang lemah, fasilitas yang kurang memadai, dan yang paling penting karena kegagalan dalam penanganan kasus darurat dalam kecelakaan di dalam air. Salah satu cara untuk mengurangi risiko kecelakaan dalam berenang atau bermain di waterpark  adalah membekali karyawan atau petugas dengan pelatihan dan keterampilan penyelamatan dan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) Menurut kami, manajemen risiko patut diterapkan dan dikembangkan dan merupakan salah satu langkah preventif dalam aktivitas akuatik. Langkah-langkah tersebut antara lain:

   Memiliki jumlah life guard (pengawas kolam) sesuai dengan lebar/luas wahana waterpark (kolam renang) dan jumlah rata-rata pengunjung setiap hari. pengawas (lifeguard) diharapkan menempatkan diri pada pos – pos tugas di area kolam renang yang disediakan dalam bentuk kursi tinggi agar mudah pemantauan. Keberadaan jumlah kursi tinggi wajib dimiliki kolam renang (waterpark) sebagai salah satu syarat operasional kolam renang. Jumlah kursi tinggi disesuaikan dengan lebar/luas kolam renang. Selain itu pengawas juga harus berada di dalam tempat pemantauan dan dilarang untuk meninggalkan tempat kecuali ada lebih dari satu penjaga. Pihak Operator (PT) harus juga merencanakan sistem manajemen perekrutan pengawas kolam (lifeguard) atau Pelatihan dengan biaya yang mencukupi.

    Setiap kolam renang (waterpark) harus memiliki alat fasilitas pertolongan yang memadai dan berada pada tempat strategis untuk melakukan pertolongan. Alat fasilitas tersebut antara lain: pelampung, pelampung/ban yang diikat tali, tali / tambang plastik, tongkat dari kayu atau alumunium. Alat pertolongan tersebut diletakkan di tempat kursi life guard dengan maksud untuk memudahkan pertolongan bila terjadi kecelakaan di kolam renang (waterpark). Ruang darurat (Klinik) juga diperlukan untuk menampung korban beserta dipan, selimut dan ketersediaan obat-obatan untuk pertolongan pertama.

       Setiap kolam renang (waterpark) harus terdapat sistem prosedur komunikasi bila terjadi keadaan darurat. Dalam hal ini peran karyawan kolam renang (bukan life guard) harus dilatih untuk menangani situasi darurat dengan cepat. Kemana dan bagaimana melakukan komunikasi mengatasi situasi darurat seperti ini.
Sehingga sarana komunikasi yaitu : HT (handy talky), Toa, Pluit dan telepon harus tersedia dengan tempat yang mudah dijangkau.

Di Indonesia, Wahana Waterpark akan ramai di kunjungi pada saat Libur seperti :
     Libur akhir pekan (sabtu – minggu)
     Libur panjang sekolah pada bulan Juni – Juli.
     Libur semester Kampus
     Libur panjang akhir tahun (Cuti Bersama)
     Libur panjang Hari Raya (Cuti bersama)
     Libur Nasional

Dengan keberadaan pengawas kolam renang (life guard) yang tugas utamanya menjadi pengawas, penolong akan mampu menciptakan rasa aman dan nyaman.

Untuk menciptakan lifeguard professional, pihak operator (PT) atau management harus memberikan pelatihan keterampilan secara kontinyu bagi life guard. Life guard juga bukan satu-satunya faktor keselamatan di kolam renang (Waterpark). Faktor lain yang tidak kalah pentingnya antara lain, lengkapnya sarana prasarana pertolongan di air seperti pelampung, kursi duduk yang tinggi dan berada di sekeliling kolam renang (Waterpark), tali, dan ruang pertolongan yang nyaman. Juga diperlukan kamera yang berada di sekitar kolam renang (Waterpark) untuk memantau pengunjung yang berada di luar jangkauan petugas (life guard). Keberadaan
lingkungan yang bersih dan sehat, juga merupakan faktor penting dalan menghindari kemungkinan kecelakaan.

untuk pelatihan lifeguard 
hubungi : 0812 6622 9769


No comments:

Post a Comment