Thursday, October 27, 2011

Peluang Usaha Laundry Kiloan



Saat ini usaha Laundry sangat menjamur Di kota-kota besar, bisnis ‘ kain kotor ’ ini sudah tak asing lagi. Bahkan Anda banyak melihat bisnis ini sudah berkembang dengan sistem waralaba. System waralaba sangat memudahkan pengusaha karena sudah punya Nama Besar dan Management, tapi sangat memerlukan modal cukup besar !.
Tak ada salahnya Anda mencoba mendirikan sendiri usaha Laundry. Kalau dipikir-pikir usaha Laundry ini terbilang mudah dan simpel karena intinya kita hanya mencuci dan merawat baju konsumen. dengan keuletan dan belajar dari kesukses Laundry sistem waralaba, usaha Anda tentu akan sama suksesnya dengan Laundry waralaba. Tak ada salahnya Anda mencoba untuk mendirikan usaha Laundry sendiri.

Untuk menentukan lokasi usaha Laundry, pilih lokasi di daerah kampus, kost-kostan, atau perkantoran. Para mahasiswa atau pelajar yang kost kebanyakan malas jika melihat pakaian kotor menumpuk (apalagi kaum pria). Sedangkan di daerah perkantoran, tak jarang para pegawainya juga tak memiliki waktu lebih untuk mengurusi pakaian kotor. Waktu mereka pun habis untuk pekerjaan, berangkat pagi – pulang malam. Berikutnya tempat usaha Anda nanti setidaknya memiliki luas yang memadai.

Beberapa persiapan untuk bisnis Laundry ini :
1.   Lokasi yang strategis.
2.   Mesin cuci dan pengering pakaian.
3.   Alat setrika listrik/uap.
4.   Pegawai/ karyawan.
5.   Biaya operasional.
6.   Peralatan pendukung.

Beberapa tips yang bisa diterapkan dalam bisnis ini :
·         Rekrut tenaga pencuci dan training mereka untuk selalu ramah terhadap pelanggan, memahami standart pencucian yang baik, dan tepat waktu dalam pengerjaan order ( hal-hal inilah yang menjadi standart layanan Laundry waralaba)
·         Buatlah sistem pembukuan sederhana.
·         Buatlah nota order cucian, jangan lupa beri logo / alamat usaha Laundry Anda (promosi terselubung).
·         Pelajari standart pencucian yang bersih, pengeringan dan tahap setrika yang baik sesuai jenis kain.
·         Pelajari tentang resiko kerusakan pakaian karena perubahan warna saat dicuci, luntur atau kusut. Jangan sampai Anda mengecewakan pelanggan terhadap kesalahan pencucian, karena bisa membuat Anda kehilangan pelanggan.
·         Buat spanduk di tempat Anda dan sebarkan brosur Laundry Anda ke lokasi kost-kostan, perumahan, perkantoran, losmen, rumah sakit dll. Setidaknya Anda harus giat sebar brosur setiap 3 bulan sekali. Ini dimaksudkan untuk menggaet pelanggan baru.
·         Buat promosi dengan gratis pencucian setiap pengumpulan nota 10x cuci atau setiap nominal tertentu.

Jika Anda menjalankan dengan sungguh-sungguh, lambat laun Anda bisa sesukses laundry waralaba, Jangan menganggap ini adalah bisnis rendahan, karena dengan keuletan, Anda bisa meraup rupiah hanya bermodal mesin cuci.

No comments:

Post a Comment